Rahajeng Rahina Tumpek Uye (Kandang)

Administrator 29 Januari 2022 13:13:10 WITA

Sabtu, 29 Januari 2022.

Bertepatan dengan hari raya Tumpek Uye (Kandang) yang dirayakan oleh Umat Hindu Setiap 6 bulan sekali, atau tepatnya pada setiap Saniscara Kliwon, wuku Uye, telah dilaksanakannya kegiatan persembahyangan bersama yang dilaksanakan di Pura Desa Umeanyar oleh Kelian Adat Desa Umeanyar, yang diikuti oleh, Perbekel Umeanyar, Staf Dinas Dan Adat Umeanyar, Babinsa dan Babhinkabtibmas Umeanyar. 

 

Setelah melakukan persembahyangan bersama, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan benih ikan nila dan pelepasan burung merpati di sumber mata air(klebutan) di Pura Segara Desa Umeanyar, sebagai mana makna dari Rahina Tumpek Uye (Kandang) adalah merupakan salah satu wujud rasa kasih dan sayang serta ungkapan rasa terimakasih manusia pada binatang peliharaan atau ternak.

#Berbuatlah agar semua orang, binatang - binatang dan semua mahluk hidup berbahagia.

(Yajurveda XVI.48)#

Kegiatan ini juga diikuti oleh DKPP Kabupaten Buleleng, Kementrian Agama dan anak-anak dari TK Santhi Kumara beserta Guru yang mengajar.

 

Semoga dengan berlangsungnya kegiatan ini kita bisa lebih menghargai lagi keberadaan hewan liar maupun hewan yang kita pelihara.

 

#umeanyarbetter

#tumpekuye

Komentar atas Rahajeng Rahina Tumpek Uye (Kandang)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender Bali

Lokasi Umeanyar

tampilkan dalam peta lebih besar